Pembuatan Desain Rak Sepatu Pada Simulator Kapal ABK



Assalamualaikum Wr.Wb

            Kembali lagi bersama saya BrianOctaviano28InteriorKapal.Blogspot.com. Sebelumnya saya sebagai penulis mengucapkan terimakasih sebanyak banyak nya atas kunjungan anda. Nah kali ini saya ingin menjelaskan tentang “ Pembuatan Desain Rak Sepatu pada simulator Kapal ABK”.
            Pertama apa itu Desain? Nah kalian pasti tidak asing lagi dari kata “Desain” Desain itu sendiri bisa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lain nya. Dalam sebuah kalimat, kata “Desain bisa digunakan, baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja,”Desain” memiliki arti proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru. Sebagai kata benda maupun kata kerja benda , “Desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk benda nyata.
            Proses desain pada umumnya memperhitungkan aspek fungsi, estetika, dan berbagai macam aspek lain nya dengan sumber data yang didapatkan dari riset, pemikiran, brainstorming, maupun dari desain yang sudah ada sebelumnya. Akhir-akhir ini, proses secara umum juga dianggap sebagai produk dari desain, sehingga muncul istilah “Perancangan Proses”. Salah satu contoh dari perancangan proses adalah perancangan proses dalam industri kimia.
            Pengguna istilah design atau desain bermula dari gambar tehnik arsitektur serta di awal perkembangan istilah desain awalnya masih berbaur dengan seni dan karya. Di mana, pada dasarnya seni adalah suatu pola pikir untuk membentuk ekspresi murni yang cenderung fokus pada nilai estetis dan pemaknaan secara privasi. Sedangkan desain memiliki pengertian sebagai suatu pemikiran baru atas fundamental seni dengan tidak hanya menitik beratkan pada nilai estestik, tetapi juga aspek fungsi dan latar industri secara massa, yang memang pada realitanya. Pengertian desain tidak hanya digunakan dalam dunia seni rupa  saja, tetapi juga dalam bidang teknologi, rekayasa, dll.
            Saya sebagai penulis mengerjakan tugas mendesain rak sepatu menggunakan aplikasi sketch up. Sketch up adalah program yang digunakan untuk berbagai proyek pemodelan 3D seperti arsitektur, desain interior, arsitektur lansekap, dan desain video game, untuk menyebutkan beberapa kegunaan nya.
            Program ini mencakup fungsi tata letak menggambar, perenderan permukaan, dan mendukung plugin pihak ketiga dari gudang ekstensi. Aplikasi ini memiliki berbagai aplikasi, termasuk di dunia arsitektur, desain interior, lansekap, dan desain video game. Scetch up juga menemukan kesuksesan dengan orang orang yang ingin membuat, berbagai, atau mengunduh model 3D untuk digunakan dengan printer 3D. 

Alat dan Bahan:

Alat:
- Laptop yang sudah terinstal Aplikasi Sketch Up.
- Mouse

Bahan:
- Aplikasi Sketch up.



Langkah-langkah: 
  • Membuat gambar persegi panjang dengan ukuran 0,60 m x 0,40m

  • Lalu klik pull atau push agar memunculkan gambar 3D dengan tinggi 0,40m, panjang 0,60m, dan lebar 0,30m 


  • Klik bagian sisi luar rak sepatu lalu klik delete 


  • lalu beri skat pada rak sepatu tersebut menggunakan tool rectangle atau pencil skat dengan ketebalan 12mm

  • Kemudian beri warna terhadap rak sepatu tersebut.
        
          Sekian dari saya mohon maaf bila ada salah kata dan saya sebagai penulis mengucapkan terimakasih sebanyak banyak nya atas kunjungan dari anda. Tunggu blog dari saya selanjutnya!











Komentar

  1. Keren banget,kalo bisa gambar yang terakhir diberi texture agar lebih bagus

    BalasHapus
  2. Kenapa mrmbuat desain nya diluar ruangan kak kalok boleh tau?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu dikarenakan didalam ruangan kurang luas jadi jika memaksakan membuat desain didalam ruangan akan kesusahan. Terima kasih:)

      Hapus
  3. terlalu singkat dan untuk alat dan bahan belum diketahui??????

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mohon maaf nanti saya perbaiki lagi. Makasih atas perhatian nya.

      Hapus
  4. penjelasan tentang materinya terlalu singkat dan kalo boleh tau kenapa terinspirasi membuat desain rak sepatu seperti itu dan apa perbedaan rak sepatu yang ditempatkan dirumah dan dikapal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena saya kebagian desain rak sepatu di tim saya. perbedaan nya rak sepatu pada umumnya tidak memiliki penahan, rak sepatu pada kapal memiliki penahan yang berfungsi jika kapal goyang benda yang ada di rak tersebut tidak akan jatuh.

      Hapus
  5. alat dan bahan yang di gunakan itu apa saja? dan pada saat di pasang di tempatnya apakah rak tersebut di beri penguat? lalu apa penguatnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alat:
      - Penggaris Siku
      - Roll meter
      - Table saw
      - Kompressor
      - Paku Tembak

      Bahan:
      - Multriplek 12 mm
      - Lem Rajawali
      - Sekrup

      Hapus
  6. Sudah baik, akan lebih baik jika kalimatnya dikembangkan lagi

    BalasHapus
  7. untuk versi sketchup nya tolong dicantumkan dan untuk penjelasannya untuk lebih jelas lagi dan detail.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya menggunakan aplikasi Sketch up 2019. Terima kasih atas perhatian nya.

      Hapus
  8. Untuk penjelasan diatas sudah baik, alangkah baiknya kata-kata nya diperbaiki lagi:)

    BalasHapus
  9. mengapa rak sepatu tersebut tidak diberi penutup di bagian depannya? apakah tidak meimbulkan bau? tolong penjelasannya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer