DESAIN INTERIOR PADA KAPAL


            Assalamualaikum wr.wb

1.1.Pendahuluan

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada kalian para pembaca karena sudah berkunjung di web blogger saya. Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan kata “INTERIOR”, pasti dipikiran kalian langsung membayangkan bentuk ruangan. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian kata “INTERIOR” dan pengertian “INTERIOR KAPAL” dan perbedaan nya dengan interior pada bangunan,rumah dan lain lain.
1.2.Sejarah desain interior

Dahulu desain interior hanya dikenali sebagai ilmu dalam menghias ruang dalam bangunan. Menghias ruang dalam tempat tinggal tidak lain bertujuan untuk kenyamanan dan keindahan. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi juga banyak berpengaruh terhadap perubahan desain interior masa kini yang lebih mengutamakan pada fungsi selain dari segi estetika interior ruang. Keterbatasan ruang tidak lagi menjadi penghalang untuk melakukan berbagai aktivitas didalamnya, bahkan bisa dikembangkan untuk multifungsinya pada satu ruang.
1.3.Perbedaan interior dengan interior kapal

Kata interior memiliki arti bagian dalam gedung, ruangan, bangunan, kapal, pesawat dan lain lain. Interior juga sering kali diartikan sebagai komponen tambahan atau hiasan yang bisa menambah nilai estetika pada ruangan itu sendiri. Interior biasa nya berhubungan dengan perabot atau furniture, penataan ruangan dan perabotnya, pemilihan cat atau wallpaper yang digunakan pada ruangan.
Interior pada kapal tentunya sangat berbeda dari mulai bentuk perabot atau furniturenya. Berdasarkan pengalaman yang saya dapat ketika melakukan kegiatan praktek di sekolah untuk mendesain ruangan dengan furniture nya dengan berdasarkan bentuk ruangan pada “SIMULATOR KAPAL” yang dimiliki SMKN 3 Buduran, jurusan interior kapal. Perabot yang dibuat harus mengikuti bentuk gading atau lambung kapal pada simulator tersebut.

Saya sebagai penulis dan beberapa teman saya mengerjakan desain simulator kapal yang terdapat di smkn 3 buduran menggunakan aplikasi sketch up seperti contoh dibawah ini:

1.3.1.      Ruang simulator


1.3.2.      Desain tempat tidur


1.3.3.      Desain ruang kerja


1.3.4.      Desain tempat tidur


1.3.5.      Desain ruang ganti


Jadi, dapat disimpulkan bahwa bila ruangan pada kapal berada tepat di posisi gading atau lambung kapal itu sendiri, semua perabot dibuat mengikuti bentuk gading atau lambung kapal ketika meletak kan perabot tersebut.

Sekian materi yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, dan terimakasih.

Komentar

  1. makasih penyampaian anda sangat bagus saya mudah memahami ga bertele tele langsung to the point.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. untuk desain ruang ganti .. saya ingin bertanya apakah bisa dijelaskan untuk kontruksi lemari pakaiannya , saya lihat bagian dinding belakang lemari kok seperti miring sehingga ruang di dalam lemari lebih besar pada bagian atasnya saja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang kita membuat dinding belakang lemari miring bertujuan untuk menyesusaikan dinding kapal.

      Hapus
  4. berapa lama perbandingan waktu pembuatan perabotnya dengan bangunan rumah pada umumnya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer